Thursday, December 29, 2011

Surga di Barat Lombok: Gili Nanggu, Gili Tangkong dan Gili Kedis

Surga di Barat Lombok: Gili Nanggu, Gili Tangkong dan Gili Kedis

Pasti banyak agan2 yang pada blom tahu kalo di Pantai Sekotong kawasan Lombok Barat, ada rangkaian pulau-pulau kecil yang memukau yang belum banyak di ketahui turis? Pulau-pulau ini (atau dalam bahasa Lomboknya “Gili”) memiliki pantai berpasir putih dan taman bawah laut yang indah. Pulau-pulau ini adalah: Gili Nanggu, Gili Tangkong dan Gili Sundak serta satu gili mungil bernama Gili Kedis.
Suasana di gili-gili ini jauh lebih sepi jika dibanding tiga gili di utara Lombok (Trawangan, Meno dan Air) sehingga juga menjadi destinasi pilihan kebanyakan wisatawan yang ingin berbulan madu dengan jauh dari kesan glamor dan bising.

Spoiler for Peta Gili Nanggu:


GILI NANGGU terletak 50 kilometer dari kota Mataram, melewati jalan darat sekitar tiga puluh menit ke arah Lembar (penyebrangan Bali). Untuk menyewa perahu ke Gili Nanggu melalui Kecamatan Sekotong, tepatnya di desa Tawun. Harga sewa kapalnya Rp. 250.000 (PP) muat untuk 8 orang, sedangkan kalau kapalnya dipakai untuk island hopping (snorkling dll) agan harus menambah Rp. 100.000 lagi. Paling bagus sih direncanakan dulu ya gan,apakah agan hanya akan pulang-pergi atau menginap di Gili Nanggu. Dari desa Tawun menuju Gili Nanggu hanya butuh waktu sekitar 20 menit saja. Selama perjalanan, kita bisa menikmati pemandangan laut biru bening yang indah, tidak akan terasa perjalanan tersebut.

Memasuki kawasan Gili Nanggu, kita akan disuguhi pemandangan hamparan pasir putih, dan air laut yang bening membuat kita tidak tahan untuk menceburkan diri ke laut. Enaknya, di Gili Nanggu suasana alami sangat dijaga. Tidak ada pedagang apalagi yang mengeluarkan suara mijon2 atau atau tarahu2 yang mengganggu, tidak ada kendaraan bermotor, bahkan tidak ada sepeda. Udaranya sungguh bersih dan asri.

Spoiler for Gili nanggu Marine Park:



Spoiler for Gili nanggu:



Masih sama seperti pulau-pulau lain pada umumnya, aktivitas yang bisa kita lakukan di sini adalah menyisir pantai dan snorkeling di laut lepas. Nah, kalau belum puas bermain seharian dan mau sekalian bermalam di Gili Nanggu, pun terdapat cottage-cottage penginapan dengan harga antara Rp. 400.000 – 600.000/malam yang bisa diisi sekitar 6 orang.

Spoiler for Gili Tangkong:




Sementara GILI TANGKONG, Pulaunya sendiri tidak terlalu luas. Hanya sekitar 28 hektare. Namun dengan potensi wisata yang dimilikinya Gili Tangkong senantiasa menebarkan pesonanya pada siapapun. Gili Tangkong memiliki panorama yang eksotis. Pantai pasir putihnya, langit birunya, serta ragam biota laut di sekitarnya adalah daya tarik utama untuk mengunjungi gili nan indah ini.

Spoiler for Gili Kedis:



Dan GILI KEDIS adalah pulau terkecil di jajaran pulau lainnya. Dari desa Tawun, gili tak berpenghuni ini terlihat bagaikan pulau koral mungil yang ditumbuhi pepohonan lebat. Entah siapa yang pertama kali memberi namaRomantic Island untuk Gili Kedis, namun pulau kecil itu memang tepat disebut pulau romantis dan menjadi spot favorit bagi wisatawan untuk menikmati sunset.
Nama Kedis diambil dari bahasa Sasak Lombok yang berarti burung kecil atau burung pipit. Mungkin karena bentuk pulaunya yang mungil. Biasanya, Gili Kedis menjadi penutup trip dari ketiga gili lainnya.

Spoiler for Gili Sudak:



Gili Kedis bertetangga dengan GILI SUDAK yang kaya akan bintang laut berwarna oranye dan keluarga bulu babi. Banyak perdebatan mengenai Gili Sudak keindahan alam dan bahari, ada yang mengatakan lebih indah dari Gili Nanggu, atau sebaliknya. Bagaimana jika agan membuktikannya sendiri dengan mengunjungi Gili Sudak, Gili Nanggu, Gili Tangkong dan Gili Kedis pada liburan nanti.

Kalau ada agan yang mau share, koreksi atau menambahkan info monggo ya gan






sumber :http://www.kaskus.us/showthread.php?t=11771004

No comments:

Post a Comment